Selasa, 09 Juli 2013

PROSES PEMBINAAN AKHLAK

PEMBINAAN DAN PEMBIASAAN
AKHLAK ANAK
DI RUMAH , SEKOLAH, TEMPAT IBADAH DAN MASYARAKAT
Makalah ini Diajukan Untuk Memenuhi

Salah Satu Tugas 
Pada Mata Kuliah “Pembelajaran Akhlak”
Dosen Pengampu;
Drs. H.Samsul Hadi M.Pd.I











Disusun Oleh :
Miftahur Rohmat
FAKULTAS TARBIYAH
PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM HASANUDIN
(STAIH) KEDIRI
2013
KATA PENGANTAR

            Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kita akal yang sempurna sehingga menjadi makhluk yang berakhlak dan berbudi pekerti, Shalawat serta Salam semoga selalu dilimpahkan keharibaan baginda Nabi Muhammad SAW yang mana beliau diutus hanya untuk menyempurnakan akhlak.
Alhamdulillah akhirnya penyusunan tugas yang berjudul “Pembinaan dan pembiasaan akhlak pada anak di rumah, sekolah, tempat ibadah dan masyarakat” ini dapat selesai tepat pada waktunya.
Adapun makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas  pada mata kuliah Pembelajaran Akhlak dan juga merupakan sarana bantu belajar mahasiswa dalam mata kuliah tersebut.
Dalam kesempatan ini pula sudah selayaknya penyusun mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya atas berhasilnya penyusunan makalah ini kepada dosen pembimbing mata kuliah Pembelajaran Akhlak  atas arahan – arahan yang telah diberikan kepada kami.
Penyusun menyadari bahwa makalah ini masih banyak sekali kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu penyusun mengharapkan adanya masukan, baik saran maupun kritik membangun dari semua pihak demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata semoga makalah ini nantinya dapat bermanfaat untuk kita semua umumnya dan bagi si pembaca khususnya, Amin.



                                                                        Jombangan, 28 April 2013


                                                                                              Penyusun



PROSES PEMBINAAN DAN PEMBENTUKAN
AKHLAK  (KARAKTER) ANAK
DI RUMAH, SEKOLAH, TEMPAT IBADAH DAN MASYARAKAT

            Pembentukan akhlak anak dapat diartikan sebagai usaha sungguh-sunguh dalam rangka membentuk kepribadian anak dengan menggunakan sarana pendidikan dan pembinaan yang terprogram dengan baik serta dilaksanakan dengan sunguh-sungguh dan konsisten. Anak-anak kita laksana kertas putih bersih yang belum ditulisi apapun.
            Imam al Gholayain berkata :
  والطفل أمانة عند والديه وقلبه الطاهر جوهرة نفيسة خالية من كل نقش وصورة  فان عود الخير وعلمه نشأ عليه وسعد في الدنيا والأخرة وشاركه في ثوابه أبواه وكل معلم ومؤدب

bahwa anak adalah sebuah amanat Allah kepada kedua orang tuanya. Hati anak yang bersih dan suci itu bagaikan suatu permata mahal, yang bersih dari segala macam lukisan dan gambar. Apabila anak iti dibiasakan melakukan hal-hal yang baik dan selalu diberi tahu tentang segala sesuatu yang baik, maka anak itu akan tumbuh dengan baik, bahagia didunia dan akhirat serta ayah ibunya, guru dan pendidiknya, turut mendapatkan pahala kebaikan anak tersebut.
Berikut ini adalah beberapa usaha-usaha pembinaan akhlak khususnya akhlak pada anak, yang dapat kita terapkan baik dirumah, disekolah, tempat ibadah, lingkungan dan masyarakat.

Ø Pembinaan Akhlak Anak Di rumah :

            Rumah dimana kita tinggal dan keluarga adalah tempat utama seorang anak memulai dan mengakhiri hari, tentunya lingkungan keluarga merupakan factor yang dominan dalam pembentukan dan pembinaan akhlak disamping factor lain baik itu lingkungan sekolah maupun masyarakat. Satu hal yang perlu diingat adalah untuk dapat membina anak dengan baik para orang tua hendaknya memberikan tauladan atau contoh yang baik pula bagi anak-anaknya, seperti halnya dapat kita lakukan dengan cara :

1.      Selalu membangunkan anak pada waktu shubuh, mengajaknya untuk shalat shubuh, jika berdekatan dengan musholla alangkah baiknya bila berjamaah.
2.      Membiasakan anak untuk membantu melakukan tugas-tugas rumah sesuai dengan tingkat usia atau kemampuan mereka, seperti menyapu, mencuci piring dll.
3.      Memulai sarapan pagi dengan membaca do’a sebelum makan, makan dengan menggunakan tangan kanan dan mengakhirinya dengan do’a sesudah makan. Biasakan anak untuk makan tidak terlalu kenyang atau berlebihan.
4.        Mencium tangan orangtua sambil mengucapkan salam “Assalamualaikum Wr, Wb.” ketika hendak berangkat ke sekolah. Hal yang perlu diperhatikan oleh setiap orang tua adalah usahakan kita dapat meluangkan waktu untuk sejenak mendoa’akan anak-anak kita ketika berangkat sekolah dengan hati yang ikhlas, yang terkadang sering kita lalaikan karna sibuknya pekerjaan. Mudah-mudahan dengan do’a kita, anak-anak kita pun akan mampu menjalani aktivitasnya dengan baik, amiin.
5.      Biasakan anak mengucap salam sepulang sekolah atau ketika memasuki rumah. Kemudian melepas sepatu, tas dan sragam sekolah meletakkan ditempat yang seharusnya.
6.      Latih pula mereka untuk membersihkan diri seperti mencuci kaki dan tangan sesudah beraktivitas diluar rumah, untuk menjaga kebersihan dan kesehatan (kebersihan adalah sebagian dari iman).
7.      Makan siang, memulainya dengan bacaan do’a sebelum makan dan mengakhirinya dengan do’a sesudah makan. Bila sekiranya sudah mampu biasakan anak mencuci piring yang selesai ia gunakan, agar anak mengerti dan belajar pula tentang tanggungjawab dan kebersihan.
8.      Ajarkan atau ingatkan anak untuk tidak lupa mengerjakan shalat dhuhur, akan lebih baik jika dilakukan dengan berjamaah bersama mereka.
9.      Istirahatkan anak seperti tidur siang atau sekedar bersantai dirumah untuk melepas lelah. Awali istirahat atau tidur siang dengan membaca do’a sebelum tidur dan mengakhirinya dengan do’a bangun tidur.
10.  Ajak anak shalat ashar berjamaah kemudian mengaji di TPA-TPQ yang kini mungkin sudah ada disetiap masjid atau musholla disekitar lingkungan rumah kita.
11.    Biasakan anak untuk shalat maghrib dan shalat isya’ dengan berjama’ah dimasjid atau mushola, agar anak juga terbiasa dengan lingkungan masjid atau musholah, baik sebagai tempat ibadah sekaligus sebagai sarana bersosialisasi di masyarakat.
12.  Mengawali makan malam dengan berdo’a sebelum makan dan berdo’a sesudah makan.
13.   Dampingi mereka belajar dirumah, belajar harus setiap hari dilakukan, tidak hanya ketika ada tugas dari sekolah, awali belajar  dengan bacaan do’a sebelum belajar dan akhiri dengan bacaan do’a sesudah belajar, agar anak-anak dapat mmenerima pelajaran yang telah dipelajari dengan baik.
14.  Usahakan anak tidur tidak terlalu malam agar anak dapat istirahat dengan cukup dan besok dapat bangun lebih pagi untuk mengawali harinya dengan lebih baik. Biasakan anak untuk berdo’a sebelum tidur dan berdo’a ketika esok bangun dari tidur.  
15.  Disamping kebiasaan-kebiasaan diatas ajarkan anak untuk selalu menghormati orang tua, menyayangi saudara dan memuliakan tamu, juga ajari mereka tentang kejujuran, kesopanan dll.

Ø Pembinaan Akhlak Anak Di Sekolah :
           
Pembinaan akhlak pada anak disekolah adalah peran bapak dan ibu guru disekolah,  hal ini dapat dilakukan dengan cara :
  1. Disiplinkan para murid dengan menerapkan peraturan dengan sebaik mungkin agar anak akan selalu mematuhinya, seperti datang tepat waktu, membuang sampah pada tempatnya, tidak melakukan pelanggaran yang menyebabkan murid harus menerima hukuman.
  2. Ajari siswa menghormati bapak dan ibu guru, membiasakan mereka mencium tangan bapak dan ibu guru dan mengucap salam ketika bertemu.
  3. Biasakan anak-anak bersalaman dengan teman-temannya dan mengucap salam
  4.  Awali proses belajar mengajar dengan do’a, dan ketika proses belajar mengajar berakhir  maka akhirilah dengan do’a pula, dipimpin oleh ketua kelas.
  5.  Berikan anak program ektra seperti shalat dhuha diwaktu istirahat dan shalat dhuhur berjama’ah sepulang sekolah.
  6. Latih dan biasakan anak didik untuk gemar membaca, isi waktu atau jam kosong mereka untuk pergi keperpustakaan.
  7. Kondisikan pula perpustakaan menjadi tempat yang menyenangkan dan membuat anak tidak lekas jenuh atau bosan pergi ke perpustakaan.
  8. Setelah anak-anak gemar membaca latih mereka menulis atau membuat karya tulis mereka, dengan memberi tugas kepada mereka seperti; mengarang sebuah puisi, mengarang cerita, pantun dll.
  9. Akan lebih baik lagi jika ada buku penghibung antara orang tua dan guru, untuk mengontrol dan mengetahui perkembangan pembinaan akhlak anak.
  10. Biasakan anak-anak untuk bersalaman dan mencium tangan bapak dan ibu guru sepulang sekolah.
 
Ø Pembinaan Akhlak Anak Di Tempat Ibadah:

Pembinaan akhlak pada anak ditempat ibadah dapat dilakukan dengan cara ;
  1. Ajarkan anak menggunakan kaki kanannya terlebih dulu ketika memasuki mushola atau masjid sambil membaca do’a ketika masuk masjid, kemudian menggunakan kaki kiri ketika hendak keluar dari masjid.
  2. Usahakan anak-anak duduk berdekatan dengan orang tuanya agar tidak duduk didekat anak-anak kecil yang lain sehingga menyebabkan gaduh atau ramai dan dapat mengganggu orang lain yang sedang beribadah.
  3.  Jangan biarkan anak-anak berlari-lari dimushola atau masjid.
  4. Ajari mereka untuk duduk tenang,mendengarkan azdan dan ikut melatunkan puji-pujian .
  5. Jika laki-laki pupuk atau latih keberanian dia untuk mengumandangkan azdan dan iqomah.
  6. Jika ada makanan dimasjid ingatkan anak agar tidak serakah, mau berbagi dan mengambil makanan yang lebih dekat dengan mereka.
  7. Biasakan anak mengisi kotak infaq, agar anak terbiasa hingga ia dewasa nanti.


Pembinaan Akhlak Anak Di Masyarakat :

            Pembinaan Akhlak Anak di masyarakat dapat dilakukan dengan cara :
  1. Membiasakan mengucap salam bila bertemu dengan tetangga sesama muslim.
  2. Jagalah pergaulan mereka, bergaulah dengan anak-anak yang salih salihah.
  3. Pupuk iman anak sedini mungkin agar tidak mudah terpengaruh pergaulan yang salah yang akan menjerumuskan mereka.
  4. Bila ada tetangga atau saudara yang mengalami musibah biasakn atau ajak anak untuk berta’ziyah, hal ini insya Allah mampu meningkatkan kepekaan jiwa social mereka.
  5. Biasakan anak untuk bersedekah dengan mengajarkannya memberi pada orang yang meminta-minta.
  6. Sering-seringlah mengajak anak dating ke majlis ta’lim, agar anak terbiasa bertemu dengan orang banyak dan agar anak dapat hidup bersosialisasi dengan masyarakat dengan baik.




والسلام

Tidak ada komentar:

Posting Komentar